Dinas Pertambangan dan Energi   Leave a comment

     Kabupaten Enrekang dengan ibukota Enrekang terletak ± 235 Km sebelah utara Makassar. Secara geografi Kabupaten Enrekang terletak pada koordinat antara 3° 14’ 36” sampai 3° 50’ 00” Lintang Selatan dan 119° 40’ 53” sampai 120° 06’ 33” Bujur Timur. dengan luas wilayah sebesar 1.786,01 Km².  Kabupaten Enrekang mempunyai batas-batas wilayah sebagai berikut :

v  Sebelah Utara : Kabupaten Tana Toraja ;

v  Sebelah Selatan : Kabupaten Luwu ;

v  Sebelah Timur : Kabupaten Sidrap ;

v  Sebelah Barat : Kabupaten Pinrang ;

     Topografi Wilayah Kabupaten ini pada umumnya mempunyai wilayah Topografi yang bervariasi berupa perbukitan, pegunungan, lembah dan sungai dengan ketinggian 47 – 3.293 m dari permukaan laut serta tidak mempunyai wilayah pantai. Secara umum keadaan Topografi Wilayah wilayah didominasi oleh bukit-bukit/gunung-gunung yaitu sekitar 84,96% dari luas wilayah Kabupaten Enrekang sedangkan yang datar hanya 15,04%.

     Sesuai dengan data geologi pertambangan, Kabupaten Enrekang memiliki potensi endapan bahan tambang galian berupa emas dan perak, minya bumi dan batu bara. Potensi tambang strategis dan Vital ini masih merupakan data indikasi, sehingga perlu ditingkatkan penelitian lebih lanjut agar mampu memberikan daya tarik investasi oleh investor. Jika potensi tambang ini layak dan menguntungkan, maka pada masa mendatang aktipitas dibidang pertambangan ini dapat menjadi salah satu sumber penerimaan pendapatan daerah yang cukup signifikan dalam jangka panjang. Bahan tambang galian ini tersebar pada sembilan kecamatan di Kabupaten Enrekang. Khususnya kandungan minyak bumi ditemukan di Kecamatan Alla. Kandungan Batubara terdapat di Kecamatan Baraka dan Anggeraja, serta kandungan Emas/Perak terdapat di Kecamatan Enrekang.

     Permasalahan utama dalam pengembangan dan pemanfaatan sumber daya mineral tersebut, baik bahan galian logam maupun non logam memiliki peran sebagai modal pembangunan, namun pengelolaannya belum diekploitasi secara significan dan skala ekonominya belum dapat dihitung secara lebih akurat yang memberikan daya tarik investor. Berdasarkan data yang ada, potensi-poternsi tersebut secara umum masih terbatas pada potensi indikatif. Agar pemanfataan dan kontribusi sektor pertambangan dapat lebih optimal pada maka di perlukan peran Dinas Pertambangan dan Energi kabupaten Enrekang dengan berwawasan lingkungan dengan tidak merusak ekositen  didukung oleh regulasi yang berorientasi pada perlindungan konservasi untuk memperoleh dan mempertahankan manfaat jangka panjangnya.

     Berdasarkan Perda Nomor  05   tahun 2008 tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas-Dinas Kabupaten Enrekang, kedudukan organisasi Dinas Pertambangan dan Energi adalah merupakan unsur pelaksana teknis yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang bertugas membantu Bupati dalam menentukan kebijakan pembinaan dan pengelolaan  pertambangan dan energi serta dalam melakukan inventarisasi potensi dan rekomendasi pengusahaan tambang yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Kabupaten.

    Dalam melaksanakan tugas tersebut, Dinas Pertambangan dan Energi  mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan inventarisasi potensi pertambangan dan energi;
  2. Pembinaan dan pengelolaan pertambangan umum;
  3. Pengelolaan data/informasi potensi pertambangan dan energi;
  4. Pengawasan dan pengendalian dalam pengusahaan pertambangan dan energi;
  5. Pengawasan pembinaan dan pengendalian kegiatan pertambangan dan energi;
  6. Pelaksanaan analisa dan rekomendasi pengusahaan pertambangan dan energi;
  7. Penyediaan bahan dan pelaksanaan bimbingan dalam kegiatan  usaha pertambangan dan energi;

Posted Juni 9, 2011 by SNP in PROFIL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: