PERENCANAAN STRATEJIK   1 comment

A. RENCANA STRATEJIK

Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Enrekang sebagai suatu organisasi yang di berikan tugas dan fungsi sebagai pusat pelayanan dibidang pertambangan dan energi dalam wilayah Kabupaten enrekang, selama 5 (lima) tahun ke depan mempunyai Rencana Stratejik yang menitiberatkan pada pengembangan Energi alternatif dan Pengelolaan Sektor Pertambangan yang berwawasan lingkungan. Rencana Stratejik Dinas Pertambangan Dan Energi Kabupaten Enrekang yang mencakup visi, misi, tujuan, sasaran, serta cara pencapaian tujuan dan sasaran. Selanjutnya, sasaran yang ingin dicapai dan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam tiap tahunnya teruang dalam Formulir Rencana Kinerja Tahunan yang merupakan lampiran dari Laporan Akuntabilitas Kinerja Dinas Pertambangan Dan Energi Kabupaten Enrekang Tahun Anggaran 2010 ini.

B. PERNYATAAN VISI

Untuk mendukung terwujudnya visi Kabupaten Enrekang 5 Tahun mewujutkan Kabupaten Enrekang sebagai Kabupaten Agropolitan yang lebih maju, Unggul, Sejahtera dan relegius pada Tahun 2013 maka visi Dinas Pertambangan dan Energi yang telah ditetapkan adalah

Tercapainya Pengelolaan Potensi Pertambangan dan Energi yang berkelanjutan demi mendorong Percepatan Pertumbuhan Ekonomi masyarakat di Kabupaten  Enrekang pada tahun 2013”

Pernyataan visi tersebut berdasarkan atas kondisi obyektif sektor pertambangan dan energi di Kabupaten Enrekang sesuai dengan analis faktor-faktor lingkungan yang berpengaruh yang diuraikan sebagai berikut:

  1. Potensi sumber daya mineral dan energi yang terdapat di Enrekang cukup tersedia untuk dapat dikelola dan dimanfaatkan sebagai salah satu sumber pendapatan masyarakat dan penghasilan asli daerah.
  2. Masyarakat Kabupaten Enrekang umumnya berjiwa enter preneurship sehingga animonya cukup tinggi untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia.
  3. Pengelolaan dan pemanfaatan potensi sumber daya mineral dan energi sampai saat ini masih terbatas pada pengelolaan bahan galian golongan
  4. Kondisi geografis wilayah Kabupaten Enrekang yang berbukit sampai bergunung, dan sebagai penyangga tata air untuk daerah yang ada dihilir, pengelolaan sumber daya alamnya harus memperhatikan aspek ekologis/ lingkungan.

Misi Pertama :

Meningkatkan Jumlah, Mutu dan Kinerja Aparat Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Enrekang yang mencerminkan Pemerintahan yang baik, bersih, transparan dan akuntabel serta bebas dari praktek-praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (Good Govermance)

Misi Kedua :

Menyediakan data dan informasi geologi, Energi sumberdaya mineral, air permukaan dan bawah tanah (sub surface), dan kawasan rawan bencana alam geologi

Misi Ketiga :

Meningkatkan pembinaan dan penyuluhan, pengawasan dan pengendalian Pertambangan yang berwawasan lingkungan kepada masyarakat dan swasta yang bergerak dibidang usaha pertambangan

Misi Keempat :

Menyediakan Sumber energi Alternatif dalam upaya meningkatkan Kesejahteraaan masyarakat

TUJUAN DAN SASARAN

Tujuan adalah merupakan implementasi dari pernyataan misi tentang sesuatu kegiatan yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan sasaran adalah penjabaran dari tujuan yang dapat diukur secara nyata dalam kurun waktu satu tahun atau lima tahunan.
Adapun tujuan dan Sasaran yang ingin dicapai Dinas Pertambangan dan Energi adalah :

1. Tujuan : Terciptanya Penyelenggaraan Pemerintahan yang baik dan bersih.
Sasaran : Meningkatnya penyelenggaraan dan pengelolaan Administrasi Keuangan dan perkantoran yang akuntabel.

2. Tujuan : Terwujudnya Penyediaan Data Dan Informasi Potensi Sumber daya Alam di Bidang Pertambangan dan Energi.Sasaran : Tersedianya Data dan informasi tentang Energi dan Sumber Daya Mineral, Air Permukaan dan bawah tanah (Sub Surface) yang dimiliki oleh Kabupaten Enrekang.

3. Tujuan : Meningkatnya kemampuan dan pengetahuan masyarakat dalam melakukan usaha pengelolaan lokasi tambang yang bewawasan lingkungan.
Sasaran : Meningkatnya kesadaran masyarakat dalam melakukan usaha pengawasan, pengelolaan serta pemanfaatan potensi tambang yang efisien, efektif dan berwawasan lingkungan.

4. Tujuan : Tersedianya Sumber Energi Alternatif.
Sasaran : Tersedianya Sumber Energi Alternatif pada daerah yang belum terjangkau oleh jaringan listrik PLN dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

Posted Juni 9, 2011 by SNP

One response to “PERENCANAAN STRATEJIK

Subscribe to comments with RSS.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: